Jumat, 30 Maret 2012

Makna Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari

A.  Pengertian Islam Secara Harfiah dan Maknawiah
Arti Islam secara harfiah berasal dari kata bahasa arab yaitu aslama-yuslimu yang berarti selamat, sentosa, dan damai. Sedangkan arti islam secara maknawiah adalah sebuah agama yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW yang mengajarkan tentang ke-Esa-an tuhan.
Begitu banyak yang diajarkan islam kepada kita mulai dari tatanan kehidupan kita sehari-hari sampai yang namanya tentang ketauhidan. Tetapi faktanya sekarang banyak orang yang agamanya islam tetapi mereka malu mengakui ajaran islam, mereka lebih senang dengan ajaran agama lain, bukan hanya ajaran agama lain saja yang mereka ikuti, tetapi juga kebudayaannya, kesenangannya, dan tindak tanduk budaya luar.
Hal ini sangat miris bagi kita semua, apakah ummat islam sekarang sudah kecanduan, sudah dicuci otaknya oleh ajara lain, seperti yang kita ketahui rata-rata Negara yang berlabelkan islam belum tentu sepenuhnya menerapkan syariat islam, tidak usah jauh-jauh kita ambil contoh saja Negara kita saja, orang di luar Negara kita mengakui bahwa Negara kita adalah Negara islam, yang bersifat ketimur-timuran, tetapi kita sendiri tidak mengakui bahwa kita adalah orang islam dan menerapkan ajaran islam. Menurut catatan buku pintar bahwa kita adalah Negara ke-3 terbesar dan terbanyak penduduknya yang memeluk agama islam.
Baiklah, marilah kita pelajari lebih dahulu tentang ummat-ummat dahulu yang mana dalam suatu Negara sangat terbelakang dan terpojok dari segi apapun, baik dari segi ekonomi, pendidikan, pembangunan, kemasyarakatan dll. Tiba-tiba Allah mengutus seorang nabi ke Negara tersebut, dan nabi tersebut mengajarkan tentang islam dan ketauhidan kepada sang Khalik. Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun, dan waktu terus berganti dan tidak disangka ajaran islam yang dahulu diajarkan nabi kepada suatu Negara tersebut kini mengubah tatanan kehidupan mereka sehari-hari, dan membuat Negara tersebut maju dan berkembang pesat di segala sektor, baik itu sektor pendidikan, ekonomi, pembangunan, kemasyarakatan dsb.
Allah berfirman dalam sebuah ayat-Nya yang,
Artinya: dan kami tidak akan mengubah suatu Negara kecuali mereka sendiri yang akan mengubahnya.
B.                  Pengertian Kehidupan Sehari-Hari
Kehidupan sehari-hari adalah rutinitas atau kegiatan yang biasa kita lakukan secara terus-menerus. Baik atau buruknya seseorang bisa dilihat dari kehidupan sehari-harinya. Apabila seseorang tersebut melakukan rutinitas kebaikan pada dirinya  dan juga orang lain dalam kehidupan sehari-hari, insya Allah kebaikan tersebut akan melekat pada dirinya baik dalam pandangan masyarakat sekitarnya dan juga baik dalam pandangan Allah SWT. Begitu juga apabila seseorang melakukan rutinitas kejahatan pada dirinya dan juga orang lain dalam kehidupan sehari-hari, maka kejahatan tersebut akan melekat pada dirinya kejahatan dalam pandangan masyarakat sekitarnya dan juga dalam pandangan Allah SWT, kecuali Allah berkehendak lain.
C.                  Perbandingan islam dengan agama lain
Sudah jelas bagi kita bahwa ajaran yang hanya diridhoi disisi Allah adalah agama islam, sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-baqarah yang berbunyi:
ان الدين عندالله الاسلام
Artinya: “sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah agama islam”.
            Agama yang diridhoinya adalah agama yang benar-benar telah lulus seleksi, baik dari segi apapun, dan unggul dalam bidang apapun. Baiklah coba kita bandingkan dengan agama yang lain. Kristen adalah agama samawi yang mempercayai bahwa tuhan itu ada 3 yaitu: tuhan bapak, tuhan ibu, dan tuhan anak.
            Adapun kelebihan yang dimiliki oleh agama Kristen dibandingkan agama lain, yaitu:
1.                   Dosa itu dapat ditebus atau dibayar.
2.                  Setiap ummatnya bebas melakukan apa saja dengan alasan bahwa yesus telah    memikul dosa mereka.
3.                  Pengagungan terhadap pastur seperti, seorang pastur dapat menikmati malam pertama dari sepasang pengantin beragama Kristen, dan pendapat seorang pastur terhadap alam adalah statis, yaitu tidak dapat berubah-ubah meskipun bertolak  belakang dengan ilmu sains.
4.                Setiap ummatnya dijamin masuk ke syurga menurut agama yang mereka anut.